Sistem Informasi Layanan Statistik (SILASTIK)

Abstrak

Pembuatan SILASTIK berawal dari adanya permasalahan akumulasi permintaan data yang tidak dapat terpenuhi pada bulan yang sama sehingga adanya penumpukan permintaan data pada bulan-bulan berikutnya. Jika hal ini tidak segera ditangani, akan menyebabkan menurunnya kualitas pelayanan data kepada publik. SILASTIK memberikan solusi dalam pelayanan data dan informasi kepada pengguna sehingga pelayanan data dan informasi menjadi lebih cepat, lebih akuntabel dan lebih mudah. Meningkatkan pemenuhan kebutuhan pengguna data dengan lebih cepat, lebih mudah, lebih baik, lebih lengkap dan lebih berkualitas. Dari sisi internal BPS dengan SILASTIK dapat mengurangi beban petugas dalam melayani permintaan data karena pengguna data dapat melakukan pemilihan data secara mandiri dan langsung dalam sistem. Selain itu pelayanan lebih transparan dimana pengguna dapat memantau perkembangan status transaksi.

Deskripsi

Pembuatan SILASTIK berawal dari adanya permasalahan akumulasi permintaan data yang tidak dapat terpenuhi pada bulan yang sama sehingga adanya penumpukan permintaan data pada bulan-bulan berikutnya. Jika hal ini tidak segera ditangani, akan menyebabkan menurunnya kualitas pelayanan data kepada publik. SILASTIK memberikan solusi dalam pelayanan data dan informasi kepada pengguna sehingga pelayanan data dan informasi menjadi lebih cepat, lebih akuntabel dan lebih mudah.

Manfaat

Meningkatkan pemenuhan kebutuhan pengguna data dengan lebih cepat, lebih mudah, lebih baik, lebih lengkap dan lebih berkualitas. Dari sisi internal BPS dengan SILASTIK dapat mengurangi beban petugas dalam melayani permintaan data karena pengguna data dapat melakukan pemilihan data secara mandiri dan langsung dalam sistem. Selain itu pelayanan lebih transparan dimana pengguna dapat memantau perkembangan status transaksi.

Implementasi

SILASTIK telah digunakan di BPS terhitung sejak tanggal 1 November 2018 dengan alamat silastik.bps.go.id.