Detail Proyek Perubahan

Jenis DiklatPIM4
PenyelenggaraPusdiklat BPS
Tahun Diklat2018
PenulisDewi Sri Wahyuni, S.Si.
JudulOptimalisasi Layanan Data Statistik Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Melalui Pembuatan Aplikasi Pelayanan Data Online Terintegrasi Pad Seksi Konsultasi Statistik BPS
AbstrakOptimalisasi layanan data statistik melalui pembuatan aplikasi pelayanan data online terintegrasi adalah proyek perubahan yang merupakan inovasi di Seksi Konsultasi Statistik, Subdirektorat Layanan dan Promosi Statistik (LPS), yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasaan pengguna data dan mengoptimalkan pelayanan data. Inovasi ini dibuat untuk mengatasi masalah belum optimalnya pelayanan data di BPS pada area peningkatan kualitas pelayanan publik yang bermanfaat untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan pengguna data dengan memberikan pelayanan data yang lebih cepat, lebih baik, lebih mudah diakses dan lebih berkualitas serta dapat meningkatkan kinerja BPS dengan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan data. Bentuk inovasi dalam proyek perubahan ini adalah aplikasi yang terintegrasi dengan repository portal publikasi, repository katalog data mikro dan website BPS. Proyek perubahan ini dilaksanakan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tahapan/milestone jangka pendek telah selesai dilakukan pada bulan April - Juni 2018 oleh tim kerja sebanyak 11 orang di Subdirektorat LPS. Proyek perubahan ini telah diujicobakan/diimplementasikan kepada pengguna BPS. Hasil implementasi proyek perubahan telah memberikan manfaat bagi BPS dan pengguna data yang ditunjukkan oleh peningkatan kinerja Subdirektorat LPS dan kemudahan pengguna dalam memperoleh data yang dibutuhkan. Proyek perubahan selanjutnya akan dilakukan pada jangka menengah bulan Juli ? Oktober 2018 dan jangka panjang bulan November 2018 ? April 2019 yang mencakup milestone jangka menengah yaitu penyempurnaan aplikasi layanan peta digital, layanan publikasi softcopy/hardcopy, layanan nol rupiah, uji coba dan sosialisasi aplikasi. Milestone pada jangka panjang mencakup penyempurnaan fitur aplikasi serta implementasi penggunaan aplikasi. Hasil akhir dari proyek perubahan ini diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan, dapat mempermudah pengguna dalam memperoleh data yang dibutuhkan serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan kinerja BPS