Diklatpim IV Angkatan 62 Badan Pusat Statistik Tahun 2011

30 Maret 2011 oleh sari

1.      Pembukaan

Pada tanggal 25 Januari 2011, Pusdiklat BPS kembali mengadakan acara pembukaan Diklat PIM IV angkatan LXII yang merupakan diklatpim yang pertama kali diadakan di tahun 2011 ini. Acaranya ini dimulai pada pukul 16.00 dan dihadiri oleh Deputi Bidang Statistik Sosial, Bapak Drs. Wynandin Imawan M.Sc yang akan membuka diklat ini secara resmi. Selain itu, pembukaan Diklatpim IV ini juga dihadiri oleh tuan rumah dari kalangan Pusdiklat BPS itu sendiri yang terdiri dari Kepala Pusdiklat BPS, pejabat struktural eselon III dan IV pusdiklat BPS, widyaiswara, serta seluruh staff penyelenggara diklat pim IV Angkatan LXII.

 

Acara pembukaan ini dimulai dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin pada acara pembukaan tersebut. Kemudian, acara tersebut dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Pusdiklat BPS, Bapak Bambang Kristianto, MA, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan mengenai penyelenggaraan Diklat yang akan dilaksanakan. Selain itu, diklat yang akan dilaksanakan selama 6 minggu ini, yaitu dari tanggal 25 Januari 2011 sampai dengan tanggal 3 Maret 2011, akan berlangsung di Pusdiklat BPS kecuali untuk materi Kepemimpinan di Alam terbuka (KIAT) I dan II yang akan berlangsung di Villa Ratu dan Gunung Mas yang berada di kabupaten Bogor. Selain itu, di akhir minggu kegiatan Diklat, akan dilaksanakan Observasi Lapangan (OL) yang lokasinya akan ditentukan kemudian. Ka. Pusdiklat juga menjelaskan bahwa peserta Diklat Pim IV yang berjumlah 33 orang dan berasal dari Intansi BPS ini akan menginap di asrama Pusdiklat yang berada di lantai 3 dan 4 Pusdiklat BPS.

Dalam Proses belajar-mengajar, peserta akan dibimbing oleh widyaiswara dari BPS & LAN, instruktur senam dari Pusdiklat BPS, Sanggar "Smart & Smile", dan  instruktur PBB dari Polsekta Jagakarsa & Brimob Kelapa Dua. Dalam sambutannya, beliau juga menjelaskan bahwa materi yang akan disampaikan merupakan standar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang meliputi kajian sikap dan perilaku, kajian manajemen publik, kajian pembangunan, aktualisasi, seminar kertas kerja kelompok (KKK), kertas kerja angkatan (KKA), observasi lapangan (OL) dan kertas kerja perseorangan (KKP). Selain itu, akan terdapat materi tambahan berupa ceramah dari pimpinan BPS mengenai reformasi birokrasi dan beberapa ceramah dari instansi di luar BPS yang bertujuan untuk menambah wawasan para peserta diklat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan Diklat secara resmi oleh Deputi Bidang Statistik Sosial, Bapak Drs. Wynandin Imawan M.Sc. Dalam pengarahannya, beliau menjelaskan mengenai tujuan Diklatpim yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk melaksanakan tugas jabatan secara professional, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaru dan perekat pemersatu bangsa, memantapkan sikap & semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman & pemberdayaan masyarakat, dan menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan.

 

Selain itu, juga dijelaskan mengenai reformasi birokrasi yang akan terjadi di tubuh BPS. BPS mulai mempersiapkan diri untuk reformasi birokrasi melalui statcap cerdas. Dikemukakan bahwa jalan menuju reformasi birokrasi semakin mulus dengan ditetapkannya BPS sebagai lembaga yang laporan keuangannya masuk kategori WDP(Wajar Dengan Pengecualian).

Diakhir pengarahan, Bapak Wynandin berpesan agar seluruh panitia penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh widyaiswara. Dan kemudian, pengarahan ditutup dengan pengetokan palu tanda pembukaan diklatpim IV angkatan LXII.

 

2.      KIAT

Rabu, 26 Januari 2011 pukul 05.30 WIB, para peserta Diklatpim IV sudah bersiap menuju bis yang akan membawa mereka dari pusdiklat BPS ke Villa ratu kabupaten Bogor untuk mengikuti materi Kepemimpinan di Alam Terbuka atau biasa disingkat KIAT. KIAT di pandu oleh Bapak A. Rianto, dkk yang tergabung dalam tim Solusi Profesi Mandiri yang merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia. Ketika tiba di lokasi, peserta langsung diminta membentuk barisan untuk mengikuti senam pagi yang dipandu oleh tim dari pusdiklat. Kemudian, dilanjutkan dengan beragam permainan yang disuguhkan oleh TIM SPM. Materi yang berbentuk games  ini membentuk para peserta menjadi 4 kelompok. Setiap peserta dituntut untuk selalu bekerja sama dalam tim sehingga dapat menyelesaikan semua games yang diberikan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana yang cukup menyenangkan karena para peserta dapat melepas tawa dengan bebas dan mulai saling membaur antara peserta yang satu dengan peserta yang lainnya. Tentu hal tersebut sangat menyenangkan, apalagi mereka berasal dari provinsi yang beragam sehingga pada kesempatan ini mereka bisa saling kenal mengenal dan kekakuan yang ada bisa semakin mencair. Selain menjalani beberapa permainan, para peserta juga di pacu adrenalinnya dengan mengikuti permainan flying fox dimana para peserta harus mampu mengatasi rasa takutnya akan ketinggian ketika memanjat tiang sebelum akhirnya meluncur ke bawah.

Materi KIAT kali ini agak terganggu dengan guyuran hujan di daerah bogor tersebut. Namun, walaupun dengan kondisi agak basah, kegiatan tetap berjalan dengan sukses dan membuat suasana gembira.

 

3.      Observasi Lapangan

Observasi lapangan Diklatpim IV angkatan LXII BPS Tahun 2011 ini diadakan pada tanggal 22 Februari sampai tanggal 25 Februari 2011. Observasi Lapangan kali ini mengambil lokasi di kabupaten Badung, provinsi Bali.