Diklat Prajabatan Gol. III Angkatan 50 BPS Tahun 2011

30 Maret 2011 oleh sari

1.      Pembukaan

Pada tanggal 8 Maret 2011, pusdiklat BPS mengadakan acara pembukaan diklat golongan III yang merupakan angkatan ke 50 Badan Pusat Statistik. Acara ini dihadiri oleh Kepala Pusdiklat BPS,pejabat eselon III, IV, dan widyaiswara serta seluruh panitia penyelenggara diklat.

IMG_1518.jpgSetelah lagu Indonesia dikumandangkan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan, Bapak Ir. Bachdi Ruswana,M.M. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa seluruh peserta yang berjumlah 39 orang akan menginap di asrama pusdiklat BPS di lenteng agung selama 3  minggu. Selain itu, diklat akan dipandu oleh tim Solusi Profesi Mandiri (SPM) untuk materi Dinamika kelompok dan team building,  widyaiswara di lingkungan pusdiklat BPS, instruktur senam dari sanggar "smart and smile", serta instruktur PBB dan tata upacara sipil dari polsekta lenteng agung. Pada kesempatan ini, Kabid DPK juga menerangkan bahwa pentingnya sikap dan prilaku dalam melaksanakan diklat. Semua sikap dan prilaku peserta akan dinilai oleh panitia diklat. Setiap harinya, diklat akan dimulai dari jam 05.30 yaitu kegiatan senam atau PBB, kemudian dilanjutkan dengan apel pagi dan materi diklat di kelas.

IMG_1553.jpgSetelah pemberian sambutan oleh bapak Bachdi, acara dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan diklat secara resmi oleh Kepala Pusdiklat BPS, Bapak Bambang Kristianto, MA, MSc. Pada kesempatan ini, beliau menerangkan pentingnya soft skill pada peserta diklat. Peserta diklat harus memiliki etika dalam bekerja dan bermasyarakat agar setelah lulus prajabatan, peserta diklat dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan kerjanya baik di daerah maupun di pusat. Diklat prajabatan merupakan diklat yang harus diikuti oleh seluruh calon pegawai negeri sipil. Oleh karena itu harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Diakhir pengarahan, Bapak Bambang Kristianto berpesan agar seluruh panitia penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh widyaiswara.  Dan kemudian, pengarahan ditutup dengan pengetokan palu tanda pembukaan diklat prajabatan golongan III angkatan 50 Badan Pusat Statistik Tahun 2011.

 

2.      Penutupan

Tepat pukul 14.00 WIB pada hari senin, 28 Maret 2011, acara penutupan diklat prajabatan golongan III angkatan 50 dimulai. Seperti biasa, acara penutupan ini dihadiri oleh kepala pusdiklat BPS, pejabat eselon III dan IV, widyaiswara dan seluruh panitia penyenggara diklat.

Acara dimulai dengan laporan penyelenggaraan diklat yang akan disampaikan oleh kepala bidang diklat prajabatan dan kepemimpinan, Bapak Ir. Bachdi Ruswana, MM. Ketika bapak Bachdi akan menaiki podium, terlihat wajah harap-harap cemas dari seluruh peserta diklat. Dalam laporannya, bapak Bachdi mengemukakan bawah terdapat 6 peserta yang harus mengikuti remedial tes. Namun, setelah diadakan remidi, dinyatakan bahwa diklat ini meluluskan 38 peserta diklat. Wajah ketegangan dari para peserta perlahan sirna dan berubah menjadi senyum kebahagian. Selain itu juga diumumkan bahwa yang menjadi peserta terbaik pertama adalah Windi Agustin Maulina dari BPS Provinsi Sumatra Selatan, terbaik kedua adalah You Ari Faeni dari BPS Provinsi Sumatra Selatan, dan terbaik ketiga diraih oleh Febby Suzanti dari BPS Provinsi Bengkulu.

Setelah acara pemberian sertifikat, acara dilanjutkan dengan penutupan diklat secara resmi oleh Kepala Pusdiklat BPS, Bapak Bambang Kristianto, MA, MSC. Pada kesempatan ini, beliau mengucapkan selamat kepada peserta diklat yang lulus. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya soft skill dalam lingkungan kerja dan masyarakat. Tidak terlalu banyak mengeluh dan merasakan beban atas apa yang harus dijalani. Tapi menjalankan proses tersebut sebagai bagian yang harus dijalani untuk membentuk manusia yang berkualitas. Penutupan diklat kemudian ditandai dengan pengetokan palu dari kepala pusdiklat.