Diklat PIM IV Angkatan 56

29 April 2010 oleh utama

1. PEMBUKAAN

Pusdiklat BPS, Selasa  20 April 2010

 

DSC_6127.JPGDiklatpim Tingkat IV angkatan 56 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BPS Bpk. Djamal, SE, M.Sc pada tanggal 20 April 2010 jam 09.00, hadir pula Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN-RI Ibu Prof.Dr. Endang Wirjatmi Tri Lestari, M.Si, Kepala Pusdiklat BPS, para Widyaiswara, Pejabat struktural Pusdiklat BPS dan Panitia Penyelnggara. Acara dimulai dengan laporan dari Kepala Pusdiklat BPS, yang menjelaskan bahwa jadwal diklat dimulai pada tanggal 20 April 2010 sampai dengan tanggal 27 Mei 2010 (± 6 minggu), dengan materi

yang mencakup sebanyak 285 jam pelajaran. Jumlah peserta 34 orang (BPS 31 orang, PPATK 1 orang, Kementrian Ristek 2 orang).

Diklat  dilaksanakan di gedung Pusdiklat BPS kecuali untuk materi Kepemimpinan di alam terbuka (KIAT) I dan II di dilaksanakan di daerah Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat dan Observasi Lapangan (OL) direncanakan di Pemerintah Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah.  

Dalam Proses belajar mengajar, peserta akan dibimbing oleh widyaiswara (BPS & LAN), instruktur senam (Pusdiklat BPS, Sanggar "Smart & Smile"), dan  instruktur PBB (Polsekta Jagakarsa & Brimob Kelapa Dua).

Materi yang diberikan merupakan standar dari LAN serta materi tambahan yang bertujuan untuk menambah wawasan dan merupakan nilai tambah dalam diklat ini antara lain :

Ceramah dari PPATK (Pusat Pelaporan & Analisis Transaksi Keuangan), Ceramah dari pakar komunikasi dan Ceramah dari pimpinan BPS yang berhubungan dengan reformasi birokrasi.

 
  DSC_6121.JPG
 

Pada kesempatan ini juga Ka.Pusdiklat meminta kepada Sekretaris Utama BPS, Bpk, Djamal, SE, M.Sc untuk memberikan pembekalan dan membuka Diklat ini secara resmi, demikian juga kepada Deputi  Pembinaan Diklat Aparatur LAN, Ibu Prof DR Endang Wirjatmi Trilestari, M.Si, untuk memberikan sambutan dan pengarahan.

 

 

 

DSC_6124.JPGDiklat adalah salah satu syarat dalam kepemimpinan juga sebagai langkah awal penanaman karakter, demikian Ibu Endang mengawali sambutannya. Diklat adalah sebuah tuntutan bagi pemimpin, oleh karena itu sikap dan perilaku sangat menentukan dan perlu diamati.

 

Komitmen dan tenggang rasa juga sangat dibutuhkan pada saat mengukuti diklat karena soft kompetensi adalah sikap dasar dari kepemimpinan, dengan adanya pelatihan dan pembelajaran yang terus menerus maka kepemimpinan akan terbentuk dengan sendirinya.

Bu Endang juga berpesan kepada peserta agar selalu introspeksi dan dapat menempatkan diri dengan baik, ikuti seluruh kegiatan diklat ini secara sungguh-sungguh.

 

Dalam arahannya Sekretaris Utama BPS menyampaikan bahwa hal penting yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah komitmen, sebagai pemimpin juga harus mau mendengarkan masukan/kritikan dari bawahan tentunya yang bertujuan baik untuk tercapainya organisasi yang diharapkan, yang terpenting adalah kembangkan hati nurani dan kepantasan yang baik, karena tanpa hati nurani dan komitmen yang baik semua akan sia-sia/berantakan.

 

Manusia profesional adalah yang mampu melakukan tugasnya dengan hasil yang maksimal/sempurna, bukan karena pendidikan yang tinggi. Masukan dari peserta tamu di luar BPS juga sangat diharapkan untuk menambah wawasan peserta.

 

Disela-sela pidatonya sekretaris utama BPS menyampaikan tentang pentingnya Sensus Penduduk 2010 yang segera akan dilaksanakan.

 

Harapan dari Sestama kepada peserta, fahami segala materi diklat yang disampaikan, setelah kembali bertugas nanti agar segera menata sistem administrasi di unit kerjanya, hati-hati dalam melakukan segala hal, laksanakan peran sesuai dengan tupoksinya, tekuni, ambil manfaatnya, jadilah seorang pemimpin yang mempunyai satu kata dan satu perbuatan, gunakan hati nurani dan waktulah yang nantinya akan menentukan baik buruknya seseorang.

Acara dibuka secara resmi dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta diklat.

Pembacaan do'a dipimpin oleh Budianto peserta dari BPS Pusat dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.


2. PENGARAHAN TEKNIS

Ibu Dewi Sri Takarini Kabag TU Pusdiklat dalam pengarahannya menjelaskan tentang struktur Pusdiklat, tata tertib, sarana dan prasarana, administrasi serta segala sesuatu yang berhubungan dengan gedung Pusdiklat dan segala fasilitasnya.

Tentang sikap perilaku dan disiplin selama mengikuti diklat disampaikan oleh Bp. Bachdi Ruswana Kabid DPK, selain itu peserta juga diharapkan selalu saling mengingatkan disetiap kesempatan.

 

3. KIAT I

13.30 WIB peserta Diklatpim IV angkatan 56 sudah siap dengan berpakaian olah raga lengkap untuk mengikuti materi KIAT I (Kepemimpinan dialam terbuka) hari pertama, yang bertujuan untuk pencairan suasana (ice breacking), acara dipandu oleh Intruktur dari PT. SPM.

KIAT I di hari kedua dilaksanakan di Villa Ratu Sukabumi Jawa Barat.

DSC_6720.JPG