Berita DIKLATPIM IV Angkatan 55

13 April 2010 oleh utama

1. PEMBUKAAN

Pusdiklat BPS, Senin 1 Maret 2010

Pada tanggal 1 Maret 2010 jam 09.00, kembali Pusdiklat BPS menyelenggarakan Diklatpim IV angkatan 55. Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan yang dimulai dengan laporan dari Kepala Pusdiklat BPS, dijelaskan bahwa jadwal diklat dimulai pada tanggal 1 Maret sampai dengan tanggal 8 April 2010 (± 6 minggu), dengan materi yang mencakup sebanyak 285 jam pelajaran. Jumlah peserta 37 orang (BPS 31, Kementrian Riset dan Teknologi 2 orang, Kemenko Polhukam 4 orang).

Diklat  dilaksanakan di gedung Pusdiklat BPS kecuali untuk materi Kepemimpinan di alam terbuka (KIAT) II di dilaksanakan di daerah Bogor, Jawa Barat dan Observasi Lapangan (OL) direncanakan di Pemerintah Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.  

 

Pada kesempatan ini juga Ka.Pusdiklat meminta kepada Pimpinan BPS, Bpk, DR Sihar Lumbantobing, Deputi Bidang Metodologi & Informasi Statistik, untuk memberikan pembekalan dan membuka Diklat ini secara resmi, demikian juga kepada Deputi  Pembinaan Diklat Aparatur LAN, Ibu Prof DR Endang Wirjatmi Trilestari, M.Si, untuk memberikan sambutan dan pengarahan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Deputi Pembinaan Diklat Aparatur LAN-RI yang kemudian dilanjutkan oleh Deputi MIS BPS dengan membuka Diklat ini secara resmi.

 

2. OBSERVASI LAPANGAN (OL)

Semarang, Selasa 30 Maret 2010

 

Sebagai implementasi dari materi yang diberikan pada diklatpim IV diadakan kegiatan Observasi Lapangan (OL), untuk diklatpim IV angkatan 55, lokus OL adalah di Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang.

Peserta berangkat hari Senin tanggal 29 Maret 2010 jam 16.00, rombongan dipimpin oleh Bachdi Ruswana dan pembimbing OL Bapak Ridjal Ismail.

Rombongan tiba di Kabupaten Semarang jam 04.30, agak terlambat dari perkiraan karena di Kab. Batang Bus mengalami sedikit kerusakan sekitar 2 jam.

Kegiatan peserta akan dimulai pada jam 08.00 pagi ini, jadi peserta masih bisa beristirahat sejenak untuk sekedar meluruskan badan setelah 12 jam berada dalam bus, usai sarapan pagi peserta diarahkan menuju aula untuk mendengarkan rencana kegiatan selama berada di Kabupaten

Semarang. Pukul 8.30 rombongan sudah bergerak dari Hotel Telomoyo menuju ke Ungaran Ibu Kota Kabupaten Semarang, perjalan ke Ungaran hanya 30 menit saja, peserta langsung menuju Aula tempat acara Pembukaan Obsernasi Lapangan akan dilaksanakan.

 

 

Acara Pembukaan Observasi Lapangan sedianya akan dibuka oleh Wakil Bupati tetapi karena kesibukannya sehingga diwakilkan oleh Assisten II Pemkab Semarang.

Diawal laporannya Ka.pusdiklat BPS Bpk. Nyoto Widodo mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Semarang atas

kesediaannya sebagai tempat OL peserta diklatpim IV angkatan 55.

 

 

 

Kabupaten Semarang memiliki potensi wisata yang cukup baik dengan iklim yang sangat kondusif sehingga Kabupaten Semarang menjadi unggulan dan bisa dibanggakan, demikian sambutan dari Assisten II Pemkab Semarang, beliau juga sangat senang dengan kunjungan peserta untuk mengadakan Observasi Lapangan di Kabupaten Semarang ini.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan peserta langsung diarahkan untuk mengunjungi lokus yang telah ditentukan untuk menggali informasi mengenai rencana peningkatan kinerja masing-masing seksi.

Tepat pukul 13.00 peserta kembali ke hotel dengan membawa data hasil wawancara yang segera akan dibahas dalam kelompoknya untuk dijadikan sebuah makalah yaitu Kertas Kerja Observasi Lapangan (KKOL), Jam 15.30 peserta berkumpul di Hotel Telomoyo untuk mulai menulis KKOL.

Rabu, 31 Maret 2010 di hari ke tiga OL peserta melanjutkan kembali tugasnya menulis KKOL yang kemudian dilanjutkan dengan pra seminar pada jam 13.30.

Usai pra seminar peserta dihadapkan lagi pada perbaikan KKOL yang akan diseminarkan besok pagi, waktu sudah menunjukkan jam 22.00 aula terlihat kosong, hanya ada kelompok tim perumus Ringkasan Eksekutif  yang masih asyik dengan tugasnya, sementara peserta yang lain ada yang berjalan-jalan untuk belanja oleh-oleh, ada yang hanya duduk-duduk saja sambil ber HP-ria, ada pula yang asyik di kamarnya sambil nyambi mengerjakan tugas perorangan (KKP), yang tidur juga ada lhoooo.....

 

3. SEMINAR KERTAS KERJA OBSERVASI LAPANGAN (KKOL)

Semarang, Kamis 1 April 2010

 

Setelah melaksanakan Observasi Lapangan di Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah selama dua hari, Peserta Diklat PIM IV melanjutkan kegiatanya dengan melaksanakan seminar KKOL (Kertas Kerja Observasi Lapangan). Kegiatan tersebut bertempat di ruang Aula Pemkab Semarang. Acara dihadiri oleh Assisten I Pemkab Semarang serta jajarannya, dan beberapa

Nara Sumber dari dinas terkait.

Seminar berlangsung dari pukul 09.00. Materi Seminar KKOL tersebut merupakan hasil dari observasi di Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang, dan KKOL yang dipaparkan oleh masing - masing kelompok adalah sebagai bahan rujukan dan pertimbangan untuk dapat diterapkan atau di implementasikan di Kabupaten Semarang ke depan. Semua hasil KKOL dipaparkan langsung mulai dari Permasalahan yang telah di identifikasi sampai dengan proses pemecahannya.

 

 

NAMA

 

KET

 

LOKUS

 

JUDUL KKOL

Kelompok I:

 

1.     Noor Aras Arief, SE

2.     Rudi, SE

3.     Harmawanti Marhaeni, M. Sc

4.     Novianto Budi Kurniawan, S.ST

5.     Buhari Muslim, S.ST

6.     Eny Tristanti, S.ST

7.     Fitri Aryanti, S.ST

8.     Mega Astuti, S.ST

9.     Slamet Romelan, S.ST

 

 

Ketua

Wakil

Sekretaris

Perumus

Editor

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

 

Seksi Identitas dan Perpindahan Penduduk, Bidang Kependudukan

Optimalisasi proses administrasi data kependudukan pada seksiidentitas dan perpindahan penduduk dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Semarang

(Penyaji : Suwanti)

 

Kelompok II:

 

1.     Rini Utami, SH

2.     Bochari, SE

3.     Lasmini, S.ST

4.     Nur Sahrizal, S.Si, M.Si

5.     Muhammad Tobroni, S.ST

6.     Gunadi, S.ST

7.     Yudhi Fri Amara, S.ST

8.     Aep Saepudin, S.Si

9.     I Made Suantara, SE

 

 

Ketua

Wakil

Sekretaris

Perumus

Editor

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

 

Seksi Pengelolaan Data dan Informasi, Bidang Kependudukan

Peningkatan kinerja pengelolaan data pada seksi pengeloaan data dan informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang

(Penyaji : Gunadi)

Kelompok III:

 

1.     Dedy Saputra, SE, S.Sos, M.Sc

2.     Hasbi, SE

3.     Mariyah Khifdiyah, S.ST

4.     Karmaji, Se, MA

5.     Nisma Chaniago, S.Sos

6.     Suwardi, S.Sos

7.     Mursito, S.ST

8.     Pius Udil, SE

9.     Roby, S.ST

 

 

Ketua

Wakil

Sekretaris

Perumus

Editor

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

 

Seksi Kelahiran dan Kematian, Bidang Pencatatan Sipil

Optimalisasi pelayanan administrasi kelahiran dan kematian pada seksi kelahiran dan kematian dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Semarang

(penyaji : Karmaji)

Kelompok IV:

 

1.     Fitri Priantini, S.IP

2.     Imanuel Sindopong

3.     Elsa Leila Hutauruk, S.ST

4.     Wuri Haryati, S.Si, M.SE

5.     Entin Laelasari, S.Sos

6.     Harnofel Putra, SE

7.     Ardiansyah, S.ST

8.     Endayani Muslimah, S.ST

9.     Suryana, M.Si

 

 

Ketua

Wakil

Sekretaris

Perumus

Editor

Anggota

Anggota

Anggota

Anggota

 

Seksi Perkawinan, Perceraian dan Pengakuan Anak, Bidang Pencatatan Sipil

Peningkatan kesadaran masyarakat tentang tertib pencatatan perkawinan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Pemerintah Kabupaten Semarang

(Penyaji : Suryana)

Acara Seminar berakhir pukul 11.00 dan langsung dilanjutkan dengan Penutupan Observasi Lapangan Diklatpim IV angkatan 55, oleh Asisten I Pemkab Semarang. Beliau berharap, agar hasil yang didapatkan dari kegiatan diklat PIM IV selama sebulan lebih, dapat di terapkan di satuan kerja masing - masing yang

imbasnya juga tentu akan mengena langsung ke masyarakat. Semoga Diklat PIM IV Angkatan LV ini dapat melahirkan calon pemimpin untuk ke depannya. Dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari peserta kepada pemerintah Kabupaten Semarang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Semarang.

 

4. PENUTUPAN DIKLATPIM IV ANGKATAN 55

Pusdiklat BPS, Rabu 7 April 2010

 

Acara penutupan Diklatpim Tingkat IV angkatan 55 BPS tahun 2010 dilaksanakan pada pagi hari, acara ini ditutup oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Bpk. Dr. Slamet Sutomo, hadir pula Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN-RI Ibu Dr. Endang Wirjatmi dan Kepala Pusdiklat BPS Bpk. Drs. Nyoto Widodo, ME.

Pada laporannya Ka.Pusdiklat membacakan 3 orang preserta yang mendapat predikat terbaik yaitu: 1. Novianto Budi Kurniawan, 2. Karmaji, 3. Buhari Muslim. Acara pun dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk 3 orang peserta terbaik dan pemberian sertifikat secara simbolis sekaligus dilepaskannya tanda peserta diklat oleh Deputi NAS Bpk. Dr. Slamet Sutomo didampingi Ibu Endang Wirjatmi dan Pak. Nyoto Widodo. Pada kesempatan itu juga Ketua angkatan Diklatpim IV Angkatan 55 Buhari Muslim menyerahkan KKOL dan KKA kepada Pimpinan BPS dan LAN-RI.

Dedy Saputra salah satu peserta tamu dari Kementrian Ristek-RI mendapat kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti diklat, diantaranya bahwa dia merasa bangga dengan mengikuti diklat ini, salah satu hal terbaik yang dia peroleh selama mengikuti diklat adalah disiplin bangun pagi karena itu dia merasa lebih sehat dan semangat.

Ibu Dr. Endang Wirjatmi, Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN-RI pada sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh alumni Diklatpim IV Angkatan 55 serta menanggapi kesan dan pesan dari peserta bahwa bangun pagi itu sangat bagus apalagi lebih pagi, karena apapun yang kita lakukan adalah sebuah proses untuk hidup kita kedepan.

Menurut bu Endang tujuan dari diklat adalah untuk pembentukan karakter, untuk itu kenali karakter diri dan rubahlah apabila ada yang harus dirubah tentunya harus ada motivasi dari dalam diri kita, Karakter juga bisa dibangun dari disiplin diri dan pengetahuan yang semakin bertambah.

 

Deputi Bidang NAS Dr. Slamet Sutomo pada sambutannya mengatakan bahwa salah satu tujuan diklat adalah untuk menggodok SDM dengan segala kemampuan khususnya akhlak, moral dan mental.

Diklatpim juga harus menghasilkan potensi moral dan mental yang baik  dan selalu ditingkatkan kedepannya. Pimpinan BPS juga

menghimbau untuk memahami segala permasalahan agar kita tidak salah arah, pada kesempatan itu juga pimpinan BPS menyampaikan kepada peserta dari luar BPS dalam rangka sosialisasi SP 2010, untuk segera melaporkan jika di lingkungan tempat tinggalnya ada rumah tangga yang belum di cacah.

Diakhir pidatonya beliau berpesan untuk tetap mempertahankan moral dan mental yang sudah baik, akhirnya dengan mengucapkan Alhamdulillah Diklatpim Tingkat IV Angkatan 55 BPS Tahun 2010 secara resmi ditutup.

Pembacaan do'a dipimpin oleh Nursahrizal, acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan ramah tamah