• Visi   Pusdiklat BPS RI menuju pelayanan diklat yang prima dalam penyelenggaraan diklat statistik dan komputasi, kepemimpinan dan manajemen, serta diklat teknis lainnya
  • Misi   Mengembangkan dan menyempurnakan sistem, kurikulum, silabi, modul pembelajaran yang berbasis kompetensi sesuai standar statistik internasional
  • Misi   Meningkatkan kualitas SDM melalui penyelenggaraan dan pengembangan program pendidikan dan pelatihan statistik dan komputasi
  • Misi   Meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta pengelola pendidikan dan pelatihan serta tenaga kediklatan lainnya dalam rangka meningkatkan kinerja statistik
  • Misi   Menyempurnakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan statistik dan komputasi yang memadai

Pembukaan Prajab Gol.II Angkatan 45 dan Gol.III Angkatan 30 BPS Tahun 2010

8 Februari 2010 oleh adminpusdiklat

PEMBUKAAN DIKLAT

(PRAJABATAN GOLONGAN II ANGKATAN 45

DAN GOLONGAN III ANGKATAN 30 BPS TAHUN 2010)

 

 

Minggu 31 Januari 2010, Pusdiklat BPS kembali diramaikan dengan  hadirnya peserta diklat Prajabatan Golongan II dan III yang sedianya akan dibuka esok hari, Senin 1 Februari 2010, diklat kali ini dikuti juga oleh peserta dari instansi luar yaitu Kementrian Negara Riset dan Teknologi (Kemeneg Ristek).

Seperti biasa beberapa orang diantara mereka ada saja yang kesasar meskipun dengan malu-malu untuk mengakuinya.

Senin pagi setelah sarapan peserta golongan II dan III sudah berkumpul di lobby pusdiklat, panitia segera membagikan tanda pengenal dan daftar nama untuk konfirmasi kebenaran data yang telah diterima panitia sebelumnya.

Kemudian peserta diarahkan ke halaman parkir untuk apel pagi . Kali ini halaman parkir cukup padat karena dihadiri oleh tiga angkatan, peserta prajabatan gol II angkatan 44, 45 dan golongan III angkatan 30.

Apel pagi ini dipimpin oleh Kabid DPK Bpk. Ir. Bachdi Ruswana, MM yang dalam pengarahannya menjelaskan kepada peserta yang baru datang bahwa apel pagi akan dilaksanakan setiap pagi jam 07.30. Apel ini merupakan sarana untuk meningkatkan disiplin dan juga merupakan materi yang berhubungan dengan sikap dan perilaku.

Tepat jam 9 Pembukaan Diklat secara resmipun berlangsung, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan penyelenggaraan, pengalungan tanda peserta diklat dan pengarahan dari Pimpinan dalam hal ini Kepala Pusdiklat BPS Bpk. Drs. Nyoto Widodo, ME.

Untuk terlaksananya kelancaran belajar mengajar, Kepala Pusdiklat selalu mengharapkan adanya kerjasama dari pengajar, panitia dan peserta. Menurut Ka.Pusdiklat resep kerjasama yang baik adalah tenggang rasa dan legowo.

Disela pidatonya Ka.Pusdiklat meminta kepada seluruh hadirin untuk berdiri dan menyanyikan Mars SP2010 dalam rangka sosialiasai Sensus Penduduk Tahun 2010 yang merupakan sensus Penduduk ke 6 dilaksanakan di Indonesia.

Kepala Pusdiklat juga mengharapkan agar peserta serius menjalani diklat ini karena sangat menentukan kelulusan peserta.

Acara ditutup dengan pembacaan do'a dan foto bersama dengan Kepala Pusdiklat dan Kabid DPK.

Setelah acara istirahat, dilanjutkan dengan Pengarahan Teknis oleh Kabag TU dan Kabid DPK yang menyampaikan tentang tata tertib, aturan-aturan dalam diklat, serta hak dan kewajiban peserta selama menjalani diklat.

Dijelaskan juga oleh Bu Dewi (Kabag TU) tentang Struktur Organisasi Pusdiklat dengan nama-nama pejabatnya.

Kabid DPK Pak Bachdi menyampaikan beberapa hal kepada peserta diantaranya jangan merasa terpaksa/tertekan, laksanakan diklat ini dengan total dan nikmati semuanya dengan baik, ada dua hal penting dalam menjalani diklat ini yang pertama sikap dan perilaku yang ke dua adalah manajemen waktu.

Kemudian setelah peserta menikmati snack dan berganti pakaian olah raga, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Dinamika Kelompok. (ly2s)