Diklat Prajabatan Gol III Tahun 2012

26 Desember 2012 oleh hy

 

I.     Pembukaan Diklat

Minggu 25 November 2012, Pusdiklat BPS kembali diramaikan dengan  hadirnya peserta diklat Prajabatan Golongan III yang akan dibuka oleh Bpk. Adi Lumaksono, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS.

Peserta Diklat seluruhnya adalah alumni STIS tahun 2011, yang akan  ditempatkan di Kantor BPS Pusat dan Daerah.

Pukul 16.00 pembukaan diklat dimulai yang diawali dengan penyampaian laporan oleh Kepala Pusdiklat BPS Bpk. Supriyanto, SE.MA.

Dijelaskan bahwa diklat akan diselenggarakan dari tanggal 25 November s/d 13 Desember 2012 (19 hari efektif) dengan 72 sesi dan 216 jam pelajaran.

Peserta berjumlah 211 orang terbagi di 2 tempat diklat dengan rincian sbb, angkatan 59, 60,61 (116 orang) di tempatkan di Pusdiklat BPS sedangkan angkatan 62, 63, 64  (105 orang) di tempatkan di Graha Insan Cita Kelapa Dua Depok. Sesuai aturan dari LAN-RI seluruh peserta diharuskan menginap di fasilitas penginapan Pusdiklat BPS dan Graha Insan Cita.

Pada kesempatan ini juga Bapak Deputi memberikan pembekalan kepada pesrta diklat sekaligus juga membuka diklat ini secara resmi.

Pembukaan diklat dihadiri oleh pejabat struktural dilingkungan Pusdiklat dan para Widyaiswara BPS.

Di akhir acara seluruh peserta dari masing-masing kelas melakukan foto bersama dengan pimpinan.

 

II.  Penutupan Diklat

Diklat Prajabatan Gol III yang dilaksanakan di 2 tempat telah berakhir setelah seluruh peserta dihadapkan pada ujian akhir sebagai penunjang kelulusan selain sikap perilaku dan disiplin.

Diklat Prajabatan Gol III angkatan 59, 60, 61, 62, 63 dan 64 dimulai pada tanggal 25 November dan berakhir pada tanggal 13 Desember

Dalam acara penutupan, Kabid Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan melaporkan bahwa dari jumlah peserta 221 orang diumumkan 3 orang peserta terbaik dari masing-masing angkatan.

Kesan dan pesan dari perwakilan peserta di sampaikan oleh Bangsawan daerah penempatan BPS Lampung yang mengungkapkan perasaan mereka selama mengikuti diklat. Para peserta merasa senang karena bisa menyelesaikan tugas ini, di sisi lain para peserta juga merasa sedih karena harus segera meninggalkan keluarga dan teman, meskipun demikuan mereka wajib berangkat ke daerah penempatan yang sudah ditentukani demi menjalani tugas yang sudah menantinya.

Dalam pidatonya Kepala Biro Kepegawaian BPS Bpk. Budi Purwadi SE., MBA, mengharapkan agar peserta menjadi SDM yang kreatif, semangat dan dapat melaksanakan tugas kedinasan secara baik, untuk itu setiap peserta harus mengerti dan memahami kedudukan, tanggung jawab, wewenang dan hak masing-masing di tempat kerjanya, agar terlaksananya kegiatan tersebut PNS juga dituntut untuk bekerjasama dengan baik, peka dan tanggap terhadap lingkungan kerja masing-masing

Dalam penutupan tersebut juga diberikan hadiah kepada 3 orang peserta terbaik dari masing-masing kelas.

Akhirnya Kepala Biro Kepegawaian BPS mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Diklat, harapannya setelah mengikuti diklat ini perjalanan menuju PNS 100% akan berjalan lancar.

Setelah Pembacaan doa,  seluruh hadirin diminta untuk menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Acara pun usai....!!!!                              

 

//Li2S