Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan LVII dan LVIII BPS Tahun 2011

7 Februari 2012 oleh sari

1.       Pembukaan

Senin, 26 September 2011 diadakan acara pembukaan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan LVII dan LVIII BPS Tahun 2011. Acara pembukaan dilaksanakan di ruang pertemuan Wisma Dirga Cibulan dan dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat BPS, para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para pejabat fungsional widyaiswara, pengajar/fasilitator, dan panitia penyelenggara.

prajab

Setelah dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya, dibacakan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Subbidang Program dan Evaluasi Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan Pusdiklat BPS, Bapak Suherman, MM. Dalam laporannya, beliau menjelaskan bahwa Diklat yang akan dilangsungkan dari tanggal 25 September hingga 15 Oktober 2011 ini dilaksanakan di Wisma Dirga Cibulan yang berlokasi di Jl. Raya Puncak Km. 81,3 Cisarua, Bogor, Jawa Barat dengan peserta yang berjumlah 58 orang dan dibagi dalam 2 (dua) angkatan yaitu Angkatan LVII dan LVIII. Adapun peserta diklat Gol III angkatan LVII dan LVIII diikuti oleh peserta BPS yang merupakan penerimaan CPNS regular tahun 2010 dan 2011. Sebagian peserta merupakan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK).

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan diklat secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat BPS, Bapak Hera Hendra Permana, MA. Kemudian dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta diklat secara simbolis dan diakhiri dengan pembacaan doa dan acara ramah tamah.

Prajabatan golongan 3 angkatan LVII

 

 

2.       Dinamika Kelompok dan Team Building

Pada Hari Senin dan Selasa, 26 dan 27 September 2011, kegiatan diklat diisi dengan materi Dinamika Kelompok dan Team Building yang dibimbing oleh fasilitator dari Pusdiklat BPS. Para peserta difasilitasi untuk melakukan berbagai permainan dan simulasi membentuk tim yang efektif. Pada setiap permainan, penyelenggara, dan fasilitator juga mengamati perkembangan kepribadian, kepercayaan, adaptasi, komunikasi, dan kemampuan bekerja sama secara efektif.

Hari pertama materi diisi dengan kegiatan dinamika kelompok. Materi ini dibimbing oleh fasilitator dari Pusdiklat BPS. Hasil pengamatan dan evaluasi penyelenggara dalam materi ini dapat dilihat bahwa peserta memiliki semangat, kerjasama yang baik, dan daya juang yang tinggi. Selain itu, peserta juga difasilitasi untuk melakukan berbagai permainan dan simulasi untuk membentuk tim yang kuat, solid, efektif, dan percaya diri. Akan tetapi, masih terdapat beberapa peserta yang kurang aktif, namun keadaan semakin mencair seiring dengan materi pembelajaran yang semakin menarik.

 

          Materi hari kedua diisi dengan kegiatan team building. Materi ini dilakukan di alam terbuka. Dalam materi team building, kelas dibagi menjadi empat kelompok yang dibentuk secara acak agar peserta dapat saling membaur dan tidak mengelompok. Tujuan pembelajaran hari kedua adalah membangun kebersamaan dan kerjasama yang baik dengan teman seangkatan, memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi dunia kerja sesungguhnya, dan memiliki daya juang yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar peserta selalu siap dalam menghadapi tantangan dan hambatan serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap semua tugas dan pekerjaan yang diemban. Fasilitator juga memberikan pandangan dan masukan bagi peserta agar mereka dapat mengerti dan memahami konteks PNS sesungguhnya

 

3.       Penutupan

Selasa, 15 Oktober 2011, dilaksanakan acara penutupan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan LVII dan LVIII BPS Tahun 2011. Acara penutupan dilaksanakan di ruang besar pertemuan Wisma Dirga Cibulan yang dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para pengajar/widyaiswara/fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Laporan penyelenggaraan diklat disampaikan oleh Kepala Subbidang Program dan evaluasi  Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan Pusdiklat BPS, Bapak Suherman, MM. Dalam laporannya, beliau mengumumkan bahwa peserta lulus 100 persen baik angkatan LVII maupun angkatn LVIII dengan tiga orang peserta terbaik berdasarkan pencapaian nilai peserta dan hasil kelulusan yaitu :

No

Angkatan

Terbaik I

Terbaik II

Terbaik III

1

LVII

Wawan Kurniawan, SE

Kelik Heri Purwono, S.Si

Novi Yanti, SE

2

LVIII

Fitri, S.Si

Yuniar Eka Putri, S.Sos

Zulliyati Purnama D., S.Sos

Selain itu, peserta juga diminta untuk memberikan evaluasi kepada sesama peserta. Dari hasil evaluasi terhadap sesama peserta, didapatkan peserta terfavorit yang dianggap paling menonjol dari segi akademis, disiplin, dan penguasaan materi pada Angkatan LVII yaitu:

1. Pertama  : Wawan Kurniawan, S.E. (peserta dari BPS Pusat)

2. Kedua     : Agus Pramono, S.IP (peserta dari BPS Pusat)

3. Ketiga     : Rajali, S.Si (peserta dari BPS Propinsi Sumatera Utara)

Sedangkan pada Angkatan LVIII peserta terfavorit yang dianggap paling menonjol dari segi akademis, disiplin, dan penguasaan materi yaitu:

1. Pertama: Heni Widiyanti, S.Si (peserta dari BPS Propinsi Jambi)

2. Kedua   : Riswan S. Kalai, STP (peserta dari BPS Propinsi Gorontalo)

3. Ketiga   : Siti Nur Laelatul Badriyah, S.E. (peserta dari BPS Pusat)

Peserta terfavorit yang suka menolong (helpful), mudah berteman, dan sopan pada Angkatan LVII adalah:

1. Pertama:Wawan Kurniawan, S.E. (peserta dari BPS Pusat)

2. Kedua   :Ciko Oktaviano, S.E. (peserta dari BPS Pusat)

3. Ketiga   :Tigor Nirman Simanjuntak, S.S. (peserta dari BPS Pusat)

Sedangkan pada Angkatan LVIII peserta terfavorit yang suka menolong (helpful), mudah berteman, dan sopan adalah:

1.Pertama : Sumirto Munu, S.E. (peserta dari BPS Propinsi Gorontalo)

2.Kedua    : Riswan S. Kalai, STP (peserta dari BPS Propinsi Gorontalo)

3.Ketiga    : Vivi Varlina, S.Sos (peserta dari BPS Pusat)

Setelah laporan penyelenggaraan diklat yang disampaikan oleh bapak Suherman, MM, acara dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus penutupan diklat secara resmi oleh Kepala Pusdiklat BPS, Bapak J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc, yang ditandai dengan pengetukan palu. Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan doa dan dinyanyikannya lagu Bagimu Negeri oleh seluruh hadirin.