Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan LXVIII BPS Tahun 2011

7 Februari 2012 oleh sari

1.       Pembukaan

Selasa, 11 Oktober 2011, pusdiklat BPS mengadakan acara pembukaan diklat kepemimpinan tingkat IV Angkatan LXVIII. Acara pembukaan ini dilaksanakan di ruang aula besar Pusdiklat BIN yang dihadiri oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Kepala Pusdiklat BPS, para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan mengawali acara pembukaan diklat. Acara dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan diklat yang disampaikan oleh J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc selaku Kepala Pusdiklat BPS. Dalam laporannya, beliau menjelaskan bahwa diklat yang dilaksanakan dari tanggal 10 Oktober 2011 hingga 17 November 2011 diikuti oleh 35 peserta dari BPS pusat dan BPS daerah.

Penyelenggaraan diklat umumnya dilaksanakan di Pusdiklat BIN Jl. Joe Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, kecuali untuk materi Kepemimpinan di Alam Terbuka (KIAT) dan Observasi Lapangan (OL). KIAT I dilaksanakan di Villa Ratu, Bogor, KIAT II dilaksanakan di Gunung Mas, Puncak Bogor, dan OL di Pemerintah Kabupaten Badung, Bali.

Selama mengikuti diklat, seluruh peserta diwajibkan tinggal di Pusdiklat BIN. Berbagai fasilitas untuk kegiatan diklat maupun penginapan disediakan di Pusdiklat BIN. Fasilitas yang disediakan antara lain, ruang belajar, ruang perpustakaan, ruang tidur, ruang internet, sarana ibadah, sarana olah raga, dan sarana hiburan.

Setelah pengalungan tanda peserta diklat secara simbolis, Bapak Djamal, SE, M.Sc, selaku Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, memberikan pengarahan dan membuka diklat secara resmi. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan acara ramah tamah.

 

2.       Kepemimpinan di Alam Terbuka

Kegiatan awal diklat (2 hari pertama) diawali dengan materi Kepemimpinan di Alam Terbuka (KIAT) I. Pada hari pertama KIAT I dilaksanakan di sekitar area Pusdiklat BIN dan hari kedua di Villa Ratu Bogor, dengan fasilitator adalah trainer dari Tim SPM (Solusi Prophesi Mandiri). Para peserta diarahkan untuk dapat saling kenal sesama peserta kemudian diarahkan untuk dapat bekerja sama dan memimpin orang lain. Disamping itu, peserta juga diarahkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga untuk mengkondisikan peserta untuk berada dalam suasana Diklat yang menyenangkan. Sebagai akhir dari kegiatan ini, dilakukan pemilihan pengurus kelas yang meliputi ketua kelas, wakil, sekretaris, bendahara, dan seksi pendukung lainnya.

Pada akhir minggu ke-3 dilaksanakan KIAT II selama dua hari. Pada hari pertama KIAT II dilaksanakan di sekitar area Pusdiklat BIN dan hari kedua di Gunung Mas, Puncak Bogor dengan fasilitator dari Pusdiklat BPS. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengurangi kejenuhan belajar di kelas sekaligus agar peserta lebih segar untuk mengikuti kegiatan diklat pada tiga minggu yang akan datang.

 

 

3.       Observasi Lapangan

Observasi lapangan (OL) merupakan rangkaian program aktualisasi Diklat Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV). Melalui OL diharapkan dapat memperkaya wawasan peserta diklat menelaah kondisi nyata penyelenggaraan administrasi pemerintah, khususnya pelayanan publik.

Sasaran OL ini adalah instansi pemerintah, BUMN/D, perusahaan swasta maupun organisasi lainnya yang jenis pelayanannya dapat menjadi obyek pengamatan dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan publik. Lokus OL Diklatpim IV Angkatan LXVIII pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Badung, Bali. OL dilaksanakan selama 4 (empat) hari tanggal 8 - 11 November 2011.

OL diawali dengan pembukaan di Ruang Aula Pemerintah Kabupaten Badung, Bali pada hari Rabu, 9 November 2011 pukul 09.00 - 10.00 WIB. Kemudian dilakukan kunjungan ke lokus dalam rangka mencari data dan informasi untuk penyusunan Laporan OL.

Kegiatan akhir dari pelaksanaan OL adalah seminar. Seminar dilaksanakan di Aula Hotel Bumi Asih Jaya dengan mengundang para narasumber dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Badung, Bali.

 

4.       Penutupan

Seluruh rangkaian penyelenggaraan diklat kepemimpinan tingkat IV Angkatan LXVIII BPS Tahun diakhiri dengan upacara penutupan pada tanggal 17 November 2011. Acara penutupan dilaksanakan di ruang pertemuan BPS dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para fasilitator, para undangan, dan panitia penyelenggara.

Pada acara penutupan, dibacakan laporan penyelenggaraan diklat oleh Bapak J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc selaku Kepala Pusdiklat BPS, serta sambutan dan pengarahan sekaligus penutupan secara resmi oleh Dr. Sihar Lumbantobing selaku Deputi Bidang Statistik Produksi BPS.

Dalam acara penutupan terserbut, diumumkan bahwa seluruh peserta dinyatakan lulus 100%. Adapun tiga orang peserta terbaik berdasarkan kriteria kelulusan adalah :

1.      Peringkat 1  : Yudi Purbosari, S.S.T

                               (peserta dari BPS Provinsi Aceh)

2.      Peringkat 2  : Dr. Mochammad Romzi

                               (peserta dari Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik BPS)

3.      Peringkat 3  : Sri Murtiningsih, S.S.T

                               (peserta dari BPS Provinsi Sulawesi Selatan)