Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan 53 BPS Tahun 2011

12 Mei 2011 oleh sari

DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III ANGKATAN 53 BADAN PUSAT STATISTIK TAHUN 2011

 

1.      Pembukaan

Selasa, 5 April 2011, Pusdiklat BPS mengadakan acara pembukaan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan 53. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri oleh Kepala Pusdiklat BPS RI, para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS RI, para pejabat fungsional widyaiswara, pengajar/fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Acara diawali dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Kemudian, acara dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan diklat oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat BPS, Bapak Hera Hendra Permana, MA. Dalam laporannya, beliau menjelaskan bahwa Diklat Prajabatan Gol III Angkatan LIII yang dilaksanakan dari tanggal 4 sampai dengan 25 April 2011bertempat di Pusdiklat BPS RI dan seluruh peserta yang berjumlah 36 orang wajib untuk menginap di asrama Pusdiklat BPS.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran andragogi sehingga peserta diklat diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif untuk berdiskusi. Tenaga pengajar pada diklat ini, berasal dari Widyaiswara BPS. Selain itu, tenaga pengajar juga berasal dari para pejabat struktural di lingkungan kerja BPS yang dikoordinir Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan (DPK). Khusus untuk materi team building dan dinamika kelompok akan dipandu oleh tim Solusi Prophesi Mandiri (SPM).

Pengarahan dan pembukaan secara resmi disampaikan oleh Kepala Pusdiklat BPS RI, J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc.  Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan tujuan dari diklat Prajabatan Golongan III yaitu meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat, dan menciptakan kesamaan visi dan pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Berdasarkan tujuan dari diklat prajabatan tersebut, beliau berpesan agar peserta dapat menjalankan diklat ini dengan baik agar semua tujuan dari Diklat ini dapat tercapai. Diklat akhirnya dibuka dengan pengetukan palu oleh Kepala Pusdiklat BPS.

 

 

 

 2.      Penutupan

Pada tanggal 25 April 2011, pusdiklat BPS mengadakan acara penutupan diklat prajabatan golongan III Angkatan 53. Acara penutupan ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para pengajar/widyaiswara/fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Laporan penyelenggaraan diklat disampaikan oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan, Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan, Pusdiklat BPS RI, Bapak Watekhi, M.SE. dalam laporannya, beliau mengumumkan tiga orang peserta terbaik, yaitu :

Peringkat 1:     Za'ima Nurrusydah, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Tenggara)

Peringkat 2:     Galih Wibisono, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Peringkat 3:     Wulan Isfah Jamil, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Tenggara)

Selain itu, berdasarkan evaluasi terhadap sesama peserta didapatkan peserta terfavorit yang dianggap paling menonjol dari segi akademis, disiplin, dan penguasaan materi yaitu:

Pertama   : Agus Ruslani, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Kedua      : Michael Hendra Gunawan, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Ketiga      : Mifta Khusniah, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Kategori yang terakhir adalah peserta terfavorit dari segi suka menolong (helpful), mudah berteman, dan sopan. Ketiga peserta yang mendapatkan posisi terbaik adalah :

Pertama   :Agus Ruslani, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Kedua      :Chomariah Fitriani, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Selatan)

Ketiga      : Nurmulistyadin, S.S.T (peserta dari Biro Umum BPS RI)

                 Pengarahan sekaligus penutupan diklat secara resmi disampaikan oleh Kepala Pusdiklat BPS RI , J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc. Dan akhirnya diklat ditutup dengan pengetukan palu dari kepala Pusdiklat BPS.