Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan 52

12 Mei 2011 oleh sari

 

1.      Pembukaan

Di minggu terakhir di bulan Maret ini, tepatnya pada hari Selasa, 29 Maret 2011, Pusdiklat BPS kembali mengadakan acara pembukaan diklat prajabatan Golongan III yang merupakan angkatan ke 52 yang pernah BPS selenggarakan. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Pusdiklat Badan Pusat Statistik, Pejabat struktural eselon III dan IV pusdiklat BPS, widyaiswara dan seluruh panitia penyelenggara pusdiklat BPS. Dan tentu saja pembukaan diklat ini dihadiri oleh 40 orang peserta diklat prajabatan golongan III angkatan 52 Badan Pusat Statistik.

Acara pembukaan ini dimulai dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Kemudian, acara tersebut dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan, Ir. Bachdi Ruswana, MM. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan mengenai penyelenggaraan Diklat yang akan dilaksanakan yang akan dilaksanakan selama 3 minggu, diawali dengan check in tanggal 28 Maret 2011 dan diakhiri dengan penutupan dan check out pada tanggal 18 April 2011.

Beliau juga menjelaskan bahwa peserta Diklat prajabatan Golongan III angkatan 52 yang berjumlah 40 orang ini akan menginap di asrama Pusdiklat yang berada di lantai 3 dan 4 Pusdiklat BPS. Empat puluh peserta itu terdiri dari 3 peserta BPS pusat, 2 peserta dari BPS aceh, 1 peserta dari BPS sumatra selatan, 19 peserta dari BPS Nusa Tenggara Timur, 7 peserta dari BPS Kalimantan Selatan, dan 8 peserta dari BPS Sulawesi Tenggara.

 

Acara pembukaan dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta diklat secara simbolik dan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan Diklat secara resmi oleh Kepala Pusdiklat BPS, Bapak Bambang Kristianto, MA, MSc. Dalam pengarahannya, Bapak Bambang Kristianto menjelaskan bahwa prajabatan ini merupakan diklat yang pertama yang akan dijalankan oleh pegawai sebelum menjadi PNS 100 persen dan bersifat wajib. Sehingga, peserta diklat diharapkan dapat menjalankan diklat prajabatan ini dengan sebaik-baiknya dan tidak menganggap diklat ini sebagai suatu beban. Namun merupakan proses yang harus dilewati oleh seluruh peserta diklat. Beliau juga menekankan pada soft skill yang harus dimiliki oleh seluruh pegawai BPS sehingga bisa terjun ke dunia kerja dengan baik.

Diakhir pengarahan, Bapak Bambang Kristianto berpesan agar seluruh panitia penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh widyaiswara.  Dan kemudian, pengarahan ditutup dengan pengetokan palu tanda pembukaan diklat prajabatan golongan III angkatan 52 Badan Pusat Statistik Tahun 2011.

 

 

 

 

 

2.      Penutupan

Acara penutupan diklat Prajabatan Golongan III Angkatan 52 Badan Pusat Statistik 2011dilaksanakan pada hari Senin, 18 April 2011 di ruang konferensi Pusdiklat BPS yang dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS, para pengajar/widyaiswara/fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Laporan penyelenggaraan diklat disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat BPS RI, Bapak Hera Hendra Permana, MA. Dalam pengarahannya, beliau mengumumkan bahwa tiga orang peserta terbaik yang didasarkan dari pencapaian nilai peserta yaitu :

Peringkat 1 : Lita Rosyada, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Tengah)

Peringkat 2 : Isdiyanto, S.S.T (peserta dari BPS Kalimantan Selatan)

Peringkat 3 : Rohmat Widayat, S.S.T (peserta dari BPS Nusa Tenggara Timur)

Selain itu, juga disampaikan hasil evaluasi terhadap sesama peserta dan didapatkan peserta terfavorit yang dianggap paling menonjol dari segi akademis, disiplin, dan penguasaan materi yaitu:

Pertama    : Erik Harninta Putra, S.S (peserta dari Biro Humas dan Hukum BPS RI)

Kedua      : Andi Pujiono, S.E (peserta dari Inspektorat BPS RI

Ketiga      : Hadi Lestiyono, S.S.T (peserta dari BPS Nusa Tenggara Timur)

 

Dan peserta terfavorit yang suka menolong (helpful), mudah berteman, dan sopan adalah:

Pertama    :Muhammad Ainur Rofiq, S.S.T (peserta dari BPS Nusa Tenggara Timur)

Kedua      :Vidya Hayuningtyas, S.S.T (peserta dari BPS Sulawesi Tengah)

Ketiga      : Erik Harninta Putra, S.S (peserta dari Biro Humas dan Hukum BPS RI)

Penutupan diklat secara resmi ditandai dengan pengarahan dan pengetukan palu. oleh kepala Pusdiklat BPS, J. Bambang Kristianto kemudian dilanjutkan dengan doa dan dikumandangkannya lagu "Bagimu Negeri".