• Visi   Pusdiklat BPS RI menuju pelayanan diklat yang prima dalam penyelenggaraan diklat statistik dan komputasi, kepemimpinan dan manajemen, serta diklat teknis lainnya
  • Misi   Mengembangkan dan menyempurnakan sistem, kurikulum, silabi, modul pembelajaran yang berbasis kompetensi sesuai standar statistik internasional
  • Misi   Meningkatkan kualitas SDM melalui penyelenggaraan dan pengembangan program pendidikan dan pelatihan statistik dan komputasi
  • Misi   Meningkatkan kualitas tenaga pengajar serta pengelola pendidikan dan pelatihan serta tenaga kediklatan lainnya dalam rangka meningkatkan kinerja statistik
  • Misi   Menyempurnakan dan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan statistik dan komputasi yang memadai

Diklatpim IV Angkatan LXIII

15 April 2011 oleh sari

 

1.      Pembukaan

Pada tanggal 28 Pebruari 2011 diadakan pembukaan Diklatpim IV angkatan ke LXIII BPS Tahun 2011 di pusdiklat BPS. Pembukaan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, Dr. Subagio Dwijosumono S.E., M.A dan Kepala Pusdiklat BPS,  J. Bambang Kristianto,MA, M.Sc. Selain itu, pembukaan juga diikuti oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS RI, para fasilitator, dan panitia penyelenggara.


IMG_1045.jpgIMG_1047.jpgSetelah dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bapak Bambang Kristianto, MA, M.Sc melaporkan penyelenggarakan diklat yang akan dilaksanakan dari tanggal 27 Februari hingga 6 April 2011 tersebut. Dalam laporannya, beliau menjelaskan bahwa seluruh kegiatan diklat akan dilaksanakan di gedung Pusdiklat BPS kecuali untuk materi Kepemimpinan di Alam Terbuka (KIAT) dan Observasi Lapangan (OL). Selama mengikuti diklat, seluruh peserta diwajibkan tinggal di asrama Pusdiklat BPS. Berbagai fasilitas untuk kegiatan diklat maupun penginapan disediakan di Pusdiklat BPS. Fasilitas yang disediakan antara lain, ruang belajar, ruang perpustakaan, ruang tidur, ruang internet, sarana ibadah, sarana olah raga, dan sarana hiburan. Peserta Diklatpim IV Angkatan LXIII seluruhnya berjumlah 33 orang yang terdiri dari 2 orang peserta berasal dari BPS pusat dan 31 orang dari BPS daerah. Metode pembelajaran yang dipakai pada diklat ini adalah Andragogi, dimana peserta diklat didorong berpartisipasi secara aktif. Metode fasilitator disampaikan dalam berbagai bentuk melalui ceramah, tanya jawab, diskusi,  pendalaman materi, studi kasus dan diskusi, simulasi/Role Playing dan permainan, dan penulisan Kertas Kerja. Tenaga fasilitator pada diklat ini, terutama berasal dari Widyaiswara BPS dan LAN. Fasilitator juga berasal dari para pejabat struktural di lingkungan kerja BPS RI serta instruktur senam dari Pusdiklat BPS, Sanggar "Smart & Smile", dan  instruktur PBB dari Polsekta Jagakarsa & Brimob Kelapa Dua. Penanggung jawab diklat ini adalah bidang Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan Pusdiklat BPS RI.

IMG_1076.jpgAcara dilanjutkan dengan pembukaan diklat secara resmi oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, Dr. Subagio Dwijosumono. Beliau mengemukakan tentang tujuan dari Diklatpim agar peserta Diklat dapat melaksanakan tugas dalam pemerintahan dengan baik. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai reformasi birokrasi yang ada di tubuh BPS. Diakhir pengarahan, beliau juga berpesan agar seluruh panitia penyelenggara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh widyaiswara. Dan kemudian, pengarahan ditutup dengan pengetokan palu tanda pembukaan diklatpim IV angkatan LXIII.


Picture 794.jpg


2.      KIAT

Materi Kepemimpinan di Alam Terbuka (KIAT) dilaksanakan selama dua kali. Kiat I dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 28 Februari dan dan 1 Maret 2011. Kiat I di hari pertama dilaksanakan di sekitar gedung Pusdiklat BPS RI dan hari kedua di Villa Ratu Bogor, dengan fasilitator adalah trainer dari PT Solusi Prophesi Mandiri. Para peserta diarahkan untuk dapat saling kenal sesama peserta kemudian diarahkan untuk dapat bekerja sama dan memimpin orang lain. Disamping itu, peserta juga diarahkan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga untuk mengkodisikan peserta untuk berada dalam suasana Diklat yang menyenangkan. Peserta juga ditantang dengan permainan yang cukup membuat adrenalin terpacu seperti permainan flying fox.

Picture 1033.jpgPicture 978.jpg

Kiat II juga dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 18 Maret dan 19 Maret 2011. Pada hari pertama KIAT II dilaksanakan di sekitar gedung Pusdiklat BPS RI dan hari kedua di Gunung Mas, Puncak Bogor dengan fasilitator yang sama seperti Kiat II yaitu trainer dari PT Solusi Prophesi Mandiri. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengurangi kejenuhan belajar di kelas sekaligus agar peserta lebih segar untuk mengikuti kegiatan diklat pada tiga minggu yang akan datang. Sama halnya dengan kegiatan Kiat II di hari pertama, pada kiat II di hari kedua ini, peserta diberikan beberapa permainan. Namun yang membedakannya adalah, pada kiat di hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan tracking atau berjalan melalui kebun teh  yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan. Setelah berjalan mengitari kebun teh di gunung Mas tersebut, acara dilanjutkan kembali dengan beragam permainan yang membuat peserta berinteraksi dengan sesama peserta dan panitia. Setelah itu, kegiatan ditutup setelah adanya feedback dari fasilitator sekitar pukul 16.00 WIB.

Picture 978.jpg   Picture 1102.jpg

Picture 1117.jpg    Picture 1172.jpg

Picture 909.jpg


 

3.      Observasi Lapangan

Observasi lapangan (OL) kali ini dilaksanakan di Kota Denpasar, Bali selama 4 hari dari tanggal 29 Maret hingga 1 April 2011. Lokus OL Diklatpim IV Angkatan LXIII pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar, Bali.

CIMG0095.JPGCIMG0123.JPG

OL diawali dengan pembukaan di Ruang Aula Pemerintah Kota Denpasar pada hari Rabu, 30 Maret 2011 pukul 09.00 - 10.00 WIB. Kemudian dilakukan kunjungan ke lokus dalam rangka mencari data dan informasi untuk penyusunan Laporan OL.

Kegiatan akhir dari pelaksanaan OL adalah seminar. Seminar dilaksanakan di Aula Wisma Werdapura dengan mengundang para narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar, Bali.

 

4.      Penutupan

Pada hari rabu, 6 Maret 2011, acara penutupan Diklatpim IV angkatan LXIII dilaksanakan di ruang confrence pusdiklat BPS. Acara ini dihadiri oleh para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat BPS RI, para fasilitator, dan panitia penyelenggara.

Acara di awali dengan Laporan penyelenggaraan diklat oleh Bapak Ir. Bachdi Ruswana, MM selaku Kepala Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan Pusdiklat BPS RI. Dalam laporannya, beliau mengumumkan 3 peserta yang mendapatkan peringkat terbaik, yaitu :

1.      Peringkat 1    :     Edi Setiawan, M.S.E, M.Sc

                                     (peserta dari Biro Humas dan Hukum BPS RI)

2.      Peringkat 2    :     Ahmad Azhari, S.Si

                                     (peserta dari Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat BPS RI)

3.      Peringkat 3    :     Pauline Gasperz, M.Si

                                     (peserta dari BPS Provinsi Maluku)


        Lalu acara dilanjutkan dengan pengarahan dan penutupan diklat secara resmi oleh Kepala Pusdiklat BPS RI (J. Bambang Kristianto, MA, M.Sc). Diklatpim IV angkatan LXIII resmi ditutup oleh Kepala Pusdiklat ditandai dengan pengetukan palu.

 


Berita "PIM IV" lainnya

  • Pemanggilan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Ke-101
  • Pemanggilan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Ke-100
  • Pemanggilan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Ke-99
  • Pemanggilan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 98
  • Pemanggilan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 97

  • Komentar Pengunjung

    Menampilkan 1-1 dari 1 hasil
    :)
    31 Mei 2011 8:12:38, oleh Pauline
    Jadi kangen temen2 se-angkatan.. Nice to know u all... :)


    Tulis komentar

    Tulis hasil perhitungan .